Koreksi Prediksi

Kawah Ijen

← Kembali ke Daftar
Kawah Ijen Banyuwangi Google Maps 23-06-2018

We visited Ijen Crater from Banyuwangi town. We arrived by train from Surabaya and have booked a night in "Green Ijen Bed and Breakfast". The owner booked for us a trip with guide and group. We started the trip around midnight from the hotel. To see the blue flame we had to climbed the vulcan till the top and to go down in the crater. Parallel with thousand of tourists, the miners were working. Around 3am in the night the blue flame started for a 15-20 minutes. Was very interesting and exciting.I think was also very dangerous and crowded. ika ke Kawah Ijen , timing nya harus pas . Jangan musim hujan sudah pasti . Penginapan bila mau yang view nya bagus ada Ijen Resort And Villa . Mahal tapi suasana nya nyaman . Banyak spots untuk selfie . Jika mau yang ekonomis , bisa camping di lereng nya untuk anak2 muda . Juga banyak homestay di sekitar kawah Ijen . Jadi soal akomodasi tdk usah kuatir . Naik ke kawahnya paling pas jam 01.00 pagi sudah mulai daki . Medannya cukup berat. Tdk bersahabat untuk manula dan orang2 yg jarang olahraga . Namun ada "taxi" atau rickshaw , gerobaknya para penambang . Harga bisa dinego tergantung demand . Jika ramai , biasarnya mereka pasang tarif tinggi . Jika sepi harga flexible. Tapi jika mau memberkati mereka , jangan ditawarlah ....karena memang medan nya berat. Seringkali mereka ber3 utk 1 rickshaw. Dua narik 1 dorong . Pemandangan di atas memang amazing . Jika mau lihat bluefire mesti turun lagi ke kawah belerengnya. Medan nya lebih extreme lagi dan ada resiko gas belereng yg menyengat. Ada rental masker gas di sana . Jika ada penyewa yg bilang turun ke kawah belereng / bluefire hanya butuh15 menit , itu adalah waktu utk expert ( para penambang ) yg turun dengan berlari . Utk turis dibutuhkan paling cepat 30 menitan . Perhitungkan waktu turunnya, sebab jika sampai di bawah sudah terang , sia2 karena tdk bisa lihat bluefire lagi. Kekurangannya : Pos2 persinggahan nya seadanya , tidak bersih dan WC2 kotor dan minim , antri lama . Jika ke Kawah Ijen , persiapkan mental dan stamina . Sebab sayang jauh2 ke sana jika menyerah tengah jalan . Tapi bila berhasil sampai ke tujuan , semua lelah terbayarkan.

Koreksi Per Aspek

Aspek Model: Terdeteksi Model: Sentimen Model: Confidence Terdeteksi Sebenarnya Sentimen Sebenarnya
Akomodasi Ya Positif 0.69
Aksesibilitas & Infrastruktur Ya Positif 0.54
Aktivitas Ya Positif 0.99
Daya Tarik Wisata Ya Positif 0.98
Fasilitas Ya Positif 0.77
Harga Ya Negatif 0.22
Kebersihan Tidak
Kenyamanan & Keamanan Ya Negatif 0.13
Pelayanan Tidak

Simpan Koreksi

Catatan dan nama validator ini berlaku untuk semua aspek di atas (satu ulasan = satu kali submit).