Kawah Ijen. Adalah blue lagoon nya Indonesia. Cuma gak bisa dipake buat berenang kayak di negara tetangga ya Kawah ijen mudah ditempuh apalagi udah ada google maps. Masuk sini murah banget sekitaran 30-50ribu sepertinya karena lupa2 ingat. Cuma tracking dari pos sampai ke kawah ijen cukup bikin kalian huh hah. Harus prepare sepatu yang safety dan air minum kalau2 capek dijalan. Karena kayak naik gunung gitu. Ada sih jasa angkut kayak gerobak gitu cuma mahal sih pulang pergi bisa 300ribu (mahal buat saya) hehehe Kalau beruntung nih kalian bisa ketemu kera-kera hitam disepanjang perjalanan loh. Keranya gak gigit kok asal kita sopan sama alam. Ke kawah ijen sekarang lebih mudah lagi. Karena banyak sekarang opentrip tour untuk kesini. Yukss mari keliling Indonesia
Kawah Ijen
Banyuwangi
Google Maps
23-06-2019