ONE OF THE BEST OF THE BEST WATERFALL I HAVE EVER SEEN!!! Everrr!!! Keren banget namun usaha untuk kesini nya cukup berat karena harus jalan kaki turun tangga yang curam. Tiket masuknya terbilang murah dan sudah tidak ada pungli yah. Sekitar 10rb per orang dan Rp 20rb untuk tiket parkir mobil nya (ada karcis resmi nya juga). Bisa sewa tour guide namun range harganya bervariasi ada yg Rp 200-Rp 300rb / tour guide nya. Saya pergi pada saat weekday jadi tidak terlalu rame dan saya pergi waktu siang hari dan pada saat itu cuaca sudah cerah karena paginya baru turun hujan jadi takutnya akses kesana licin dan air terjunnya lagi deras sekali (takut banjir bandang yang dulu). Sekitar jam 2 siang sudah mulai turun kabut jadi baiknya datang dari pagi ke siang. Untuk turun tangga nya cukup cepat sekitar 25menit namun naiknya lebih effort karena capeeeeeee sekali dan paha kaki sampe getar dan harus berhenti berkali kali pada saat naik karena ga kuat. Tangganya terbuat dari besi dan sangat curam tapi ada pegangannya juga jadi bisa lebih stabil. Untuk alas kaki rekomendasi pakai yang karet anti licin - jangan yang gampang nyerap air seperti sepatu lari karena kita akan basah basahan dan kotor dengan tanah. Bawa tas yang waterproof direkomendasikan sekali untuk menjaga barang bawaan tetap kering (kalau tidak ada - masukin kantong kresek hehehe). Kebetulan saya ke bawah menggunakan sandal crocs and well ternyata nyaman sekali karena tidak licin saat main air. Tolong jangan buang sampah di bawah yah dan selalu bawa lagi sampah sisa kita ke atas dan buang pada tempatnya.
Air Terjun Tumpak Sewu
Lumajang
Google Maps
23-07-2025