Kawah Ijen keren bangett! Dengan menikmati perjalanan bolak balik kurang lebih 7KM dengan tracking yang mudah (cukup melelahkan tapi kalau bagi yang belum terbiasa).. Tapi yakin, semua itu dibayar pemandangan yang sangat keren saat diatas! Afdolnya naik ke kawah Ijen ini memang dari tengah malam sehingga akan sampai puncak pada pukul 3 pagi sehingga bisa menikmati blue fire dan sunrise.. Tapi karena saat itu memang persiapan menanjak kurang karena dari kota yang cukup memakan waktu 13jam naik kereta ditambah cuaca saat itu masih belum menentu, maka kami memutuskan untuk naik pada pukul 5 pagi.. Saat itu diperlukan untuk registrasi secara online tetapi bayar tetap ditempat.. Setelah registrasi mulailah naik kurang lebih memakan waktu 1,5-2 jam perjalanan.. Jika tidak ingin terlalu capek, bisa dengan ojek gerobak yang kisaran harga nya mulai 800-1,2jt..
Kawah Ijen
Banyuwangi
Google Maps
23-06-2022