Jgn pergi dimusim hujan, hasilnya anda hanya akan melihat kabut dan pastikan untuk turun ke kawah, agar bisa melihat blue fire. sy otw jm 00.00 st.karangasem - kawah ijen 01.00 penanjakan 04.00 turun ke kawah 05.00 naik dari kawah 06.00 balik ke titik point kumpul. 08.00 sampe ke tenda, otw st.karangasem 09.00 sampe deh di stasiun tips traveler ke banyuwangi : 1. klo mau khusus ke kawah ijen saja, bisa naik kereta lalu turun di stasiun karangasem yg lbh dekat. lalu jam 00.00 otw ke kawah ijen. 2. klo mau keliling banyuwangi spt ke baluran dan pantai dll, pastikan jalan-jalan aja dulu. misal day 1 ke baluran lalu day selanjutnya ke kawah ijen. krna pengalaman banget, namanya habis naik gunung ya capek kan.. sy pulang dr kawah ijen jam 9 pagi, bablas ketiduran sampe sore jd nya tercancel smua wisata lainnya karena lelah banget. 3. sy pesan travel di traveloka . lg ada promo . sy hanya bayar 140k/person , udh ada guide , masker, minum dll. sbnarnya banyak banget jasa travel yg menawarkan ke kawah ijen di instagram mulai 275k. 4. jual sarung tangan 10k, jual kupluk 20k, sewa jaket 50k, toilet 5k, jasa kereta dorong 300-800k. 5. dr ratusan wisatawan asing , hanya ada 3 org yg wisatawan lokal dan lainnya penambang
Kawah Ijen
Banyuwangi
Google Maps
23-06-2019