Gunung ijen atau yang lebih dikenal sebagai kawah ijen dimana memiliki pesona alam yang luar biasa. Terdiri dari kawah yang benar-benar indah dan dipadukan api yang disebut "blue fire" yang hanya ada dua di dunia salah satunya indonesia. Ketika datang kesana bukan hanya orang-orang indonesia yang penasaran tentang ijen melainkan orang asing pun (turis) banyak berkunjung di tempat ini, mereka penasaran dan mengagumi pesona alam indonesia. Untuk mencapai tujuan yang di sebut kawah ijen memerlukan waktu dua jam dalam pendakian dimana tempat ini akan di buka mendaki sektar jam 1 malam dan ditutup jam 9 atau 10 pagi, para wisatwan dapat menikmati keajaiban alam yaitu blue fire hanya saat malam saja sehingga ketika sampai disana pagi, teman-teman tidak akan bisa menikmatinya lagi. Ohya ketika kawan-kawan ingin kesana lebih baik persiapkan dengan matang seperti stamina yang fit, air minum yang cukup serta pakaian seperti jaket, sarung tangan dan lain-lain yang cukup karena suhu udara disana sangat dingin apalagi bagi orang-orang yang tak tahan dingin. Saat telah sampai di puncak kawah ijen, suhu yang akan teman-teman dapatkan sekitar 0 sampai minuse derajat sehingga gunakanlah jaket yang tebal dan sarung tangan. Ohiya jika ingin menuju blue fire , teman- teman harus menuruni anak tangga sekitar 1 km , disini juga memerlukan tenaga yang harus fit dan teman-teman tidak perlu membeli senter gunakan saja senter hp, saran saya biar lebih hemat. Ohya jika berniat berkunjung ke ijen jg , sobat-sobat pembaca harus menyiapkan kacamata selam atau apa pun yang tahan sama belerang sehingga teman-teman bisa menikmati blue fire yg indah karena saat sampai disana , semburan blerangnya adalah masalah terbesar untuk diatasi. Dan ingat satu lagi ,jangan terburu-buru dan tetap mendaki berasama-sama, jangan tinggal kan teman kalian dan junjung tinggi soldaritas.
Kawah Ijen
Banyuwangi
Google Maps
23-06-2019