Salah satu pengalaman perjalanan yang luarrrrr biasa. Capek, tapi asliiiii terobati. Ke Bromo waktu di Pare. Kalau dari Pare, mending pakai travel mandiri, harga 160rb udah dapat fasilitas pulang-pergi, plus Jeep juga. Sudah include dengan semuanya. Tapi Jeep nya gak nyampe atas. Kalau misal mau langsung nyampe tanpa jalan kaki, bisa naik ojek kisaran 50rb - 100rb. Tapi kalau misal mau jalan dulu, terus mau naik ojek di tengah2 perjalanan, bisa juga. tarifnya tergantung jarak, kalau misal udah agak deket bayar 20rb an. Jangan kaget kalau pas jalan diikuti para ojek yang terkesan maksa. Agak terganggu, tapi mungkin niat mereka baik untuk cari nafkah biar gak capek juga turun naik gunung Bromo nya. Untuk foto, banyaaaaak banget spot foto yang bagus2 di sini. Pokoknya kalau mau naik, harus dari malam menjelang subuh. Biar dapet view bagus, biar dapet sunrise, mengantisipasi turun hujan.
Gunung Bromo
Probolinggo
Google Maps
23-06-2025