Pengalaman saya ketika di tumpak sewu dimana tracking melalui panorama kemudian turun dengan jalur yang sudah nyaman (tangga agak curam) tapi masih aman, yang dimana jalur nya harus siap basah karena akan ada melewati aliran mata air untuk menuju ke coban bidadari nya dan coban sewu di bawah dengan menempuh - 20 menit, yang nanti akan sampai di coban bidadari kemudian bisa ke coban sewu. Setelah itu berlanjut dari coban sewu, bisa ke telaga biru dengan bayar tiket 10 rb an (kalo tidak salah ingat) nanti dari situ akan menuju ke telaga biru yang indah, setelah itu saya melewati jalur untuk menuju ke goa tetes yang indah nan luarbiasa (hati hati dengan jalur yang licin). Setelah sampai di area goa tetes kemudian saya melanjutkan untuk ke atas balik ke parkiran melalui jalur goa tetes yang dimana cukup ekstrim dan sedikit memutar yang dimana berbeda dengan jalur sebelumnya melewati panorama. Walaupun sedikit memutar untuk balik ke parkiran mobil melalui jalur goa tetes yang cukup esktrim, tetapi pengalaman yang berharga bisa mendapatkan semua titik area di tumpak sewu waterfall. (Menegangkan melewati jalur goa tetes dan saat itu kaki keram semua sampai di parkiran mobil tetapi dapat pengalaman dan moment yang luarbiasa akan keindahan ciptaan Tuhan) dari jalur goa tetes ke parkiran hampir - 25 menit an. Sampai di parkiran mobil bersih2 dan mandi di tempat yang disediakan dengan bayar 5 rb. Untuk tiket masuk ke spot tumpak sewu waterfall 20k/org
Air Terjun Tumpak Sewu
Lumajang
Google Maps
23-06-2024