Sya pribadi bukan orang yg suka sekali dengan naik gunung. Untuk ukuran orang yang sudah terbiasa dengan pendakian ijen tergolong pada level yang mudah. Tp buat saya yang bisa dibilang tidak pernah mendaki tantangannya luar biasa. Memang banyak sekali penduduk sekitar yg menyewakan ojek dadakan. Berbentuk gerobak dan kita akan dibawa naik sampai puncak. Cuman akan sayang sekali jika kita tidak merasakan sendiri pendakiannya. Untuk mencapai kawah kurang lebih dibutuhkan waktu 2jam pejalanan santai. Dan jangan sampai lupa untuk mempersiapkan syal dan air. Kerna akan cukup ampuh untuk menghalau asap belerang yang lumayan menyengat. Gak ada salahnya juga mencoba pendakian pukul 1 malam untuk melihat blue fire salah satu diantara 2 yang ada di dunia sekaligus melihat sunrise di puncak ijen. Untuk turun gak ada salahnya sewa ojek. karena kita akan merasakan sensasi yang berbeda kalau naik gerobak sambil menuruni puncak. pengalaman seru sekaligus luar biasa. Pengen punya kesempatan bisa balik kesana...
Kawah Ijen
Banyuwangi
TripAdvisor
09-09-2019