Ini kedua kalinya berkunjung kesini setelah sekian tahun lalu..heheheh Banyak yang berubah, yg pasti jalanannya sudah bagus, banyak rumah singgah, penginapan, warung dan MCK yang bersih. Nyaman dan harga wajar. Karena di dataran tinggi pasti dingin, wajib bawa jaket, kaos kaki, kaos tangan, tutup kepala (kerpus). Jika lupa, banyak juga yg jual di parkiran dan warung2. Harganya agak lebih tinggi sih..jd lebih baik bawa sendiri. Jika mau ke puncak, loket di buka jam 3 pagi harga 7500rb/ kepala. Wajib bawa surat vaksin. Jika gak kuat ada jasa angkut naik gledekan PP 800rb. Atau jika pas gak kuatnya di tengah jalan bisa nego langsung. Jadi siapkan stamina jika mau irit..heheheh Mau camping? Bisa bgt, camp ground luas. Kalo malam hari udara makin dingin dan anginnya juga besar.
Kawah Ijen
Banyuwangi
Google Maps
23-06-2022