Museum angkut di Kota Batu, jawa timur ini memiliki harga tiket masuk yang agak lumayan untuk ukuran museum, yaitu sebesar Rp. 100.000 per orang dan buat kalian yang bawa kamera DSLR atau mirrorless dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 30.000 per kamera. Untuk kamera HP dan tablet ga perlu bayar lagi kok, tenang aja. Cuma untuk harga segitu, menurut gue worthed kok dengan pengalaman dan sensasi yang bakalan didapat di museum angkut ini. Di lantai 1, mata pengunjung akan disuguhkan dengan aneka mobil dan motor klasik yang dipajang rapi dengan aneka warna dan model. Mobil-mobil ini sayangnya diberi pagar jadi kita ga bisa pegang-pegang dan liat interior nya. Lanjut ke lantai 2, tempatnya agak sumpek dan banyak manusianya (karena tempatnya ga seluas lantai 1). Di lantai 2 itu isinya ada becak, dokar, sama ada juga diorama kapal tempatnya nya Jek sama Ros waktu ngebokep dulu, yaitu kapal Titanic. Di Lantai 3, kalian bisa menemukan spot foto di pesawat jet tempur, lengkap dengan kostum pilot jet tempur (kostum nya sewa yah). Selain itu yang menarik juga kalian bisa masuk ke replika pesawat presiden dan masuk untuk melihat interior nya yang mewah, lengkap dengan staff yang berpakaian ala pramugari ala angkatan udara. BTW staff nya cantik lhoo. Jalan menuju rute selanjutnya ke arah area berseting kota Batavia, akses jalannya ada di belakang area F1 di lantai 2. Emang agak ngumpet, gue juga awalnya agak kesulitan cari jalan menuju rute selanjutnya. Rute selanjutnya memasuki kota batavia jaman dulu, lengkap sama becak, mobil, beserta kursi dan meja yang terpajang rapi di depan bangunan-bangunan tua khas batavia di bagian tepi kiri kanan jalan. Selain itu juga ada bangunan khas tionghoa, dan ada juga gerobak jualan sate dan rokok. Perfect lah buat singgah sebentar untuk foto-foto disini. Mengikuti jalan setapak, kita akan dibawa menuju rute selanjutnya yaitu menuju ke dalam gudang batavia, isinya mobil-mobil antik dengan aneka warna dan model, diparkir rapi berjejer didalam. Njirr keren-keren banget lah. Sayang nya dipagerin jadi ga bisa grepe-grepe mobilnya. Lanjut ke rute selanjutnya yaitu GANGSTER TOWN, area paling favorit buat foto-foto. kalau mau foto disini agak tricky biar dapet foto bagus, karena manusia nya banyak banget dan emang disini kayaknya adalah spot utama di Museum Angkut, rasanya belum ke museum angkut kalau belum foto disini. Ga enak kan kalo pas lagi foto disini trus hasilnya ada background manusia lagi selfie-selfie manja. Oh ya di gangster town ini suka ada show yang terjadwal setiap jam setengah 5, maupun show yang dadakan. Show dadakan yang gue maksud itu kayak tiba-tiba ada mobil gangster lewat dan ada sepasang cewek-cowok berpakaian ala gangster duduk di kap bagian depan, lengkap sama senjatanya dan bawa properti koper. Mobil mereka diparkir miring melintang di tengah jalan, lalu mereka berdua turun dan mempersilahkan buat yang mau foto bareng. Wuih langsung deh tuh manusia pada ngerubungin udah kayak laler buat foto bareng. Lanjut menyusuri jalan ke rute selanjutnya, pengunjung akan dibawa masuk ke area bertema itali, perancis, jerman, london, dan las vegas. Lengkap dengan bangunan, mobil dan motor khas masing-masing negara tersebut. Banyak sudut spot foto khas negara masing-masing juga yang dilengkapi dengan properti foto, kayak misalnya restoran pizza lengkap dengan staff yg berpakaian ala pelayan itali beserta meja yang menyajikan aneka makanan Itali, beerhouse khas Jerman lengkap dengan staff yang berpakaian bartender (bir nya ga bisa diminum, itu cuma buat properti foto aja), dan telepon umum box khas negara London. Oh ya di area London, lo bisa nemuin bangunan mewah yang ternyata replika buckingham palace. Bangunan besar yang emang mirip sama Buckingham Palace dan ada kebun bunga di depannya. Lo bisa masuk kedalem istana, isinya ada beberapa mobil khas london, ada arena main anak berbentuk bus double decker london, dan ada kereta mini buat mainan anak yang menyusuri istana buckingham. Dipojokan ada replika kursi kerajaan lengkap sama ratu Elisabeth KW buat foto-foto disitu. Exit route nya ada di lorong yang di desain kayak interior kereta dan lantai nya itu bisa goyang-goyang jadi berasa ada di kereta yang lagi jalan. Oh ya pas lo udah exit dari museum, jangan lupa mampir ke Indonesian heritage museum. Disini lo bisa nemuin berbagai macam tentang kebudayaan indonesia kayak batik, wayang golek, senjata daerah, dan ada topeng-topeng yang dipajang cantik di dalem etalase. Lo bisa juga belanja ngabisin duit beli batik, parfum, topi dll. Di area sini juga lo bisa naik kapal dayung nyusurin sungai yang ngelilingin bangunan heritage Indonesia. Buat yang perutnya suka laperan mulu, di area sini juga banyak yang jual makanan bermacam-macam.
Museum Angkut
Batu
TripAdvisor
23-08-2018