Salah satu kawah yang mengeluarkan "blue fire" di jam dinihari nya (kalo beruntung). Lokasinya yg sebenernya mudah dijangkau. Dengan perjalanan dari base camp/parkir kendaraan(paltuding) sampe puncak kawah ijen butuh rata2 2 jam. Kalo dirasa kecapekan ada jasa dari bapak2 yg mudah ditemui di sana; jasa ojek/taksi dorong. Tentunya dgn harga yg relatif mahal hehe Kamu bisa lihat pemandangan alam yg beraneka ragam tentunya. Mulai dari sunrise gunung lainnya seperti gunung rante, raung, pendil dan blue fire kalo beruntung hehe. Untuk kamu yg butuh makanan dan minuman jangan khawatir brosis. Di base camp atau pos pertama (paltuding) kamu bisa pilih makanan seperti mie goreng, mie rebus, nasi goreng, dst. Nah untuk mandi dan mushola nih yg kemaren bikin susah haha. Untuk mandi, beberapa kali saya ke warung demi warung dan kata mereka tidak bisa. Mungkin blm dapat pasokan air yang melimpah dari pemdes. Tapi kalo untuk ke buang air kecil masih bisa. ( info baru dari temen yg kesana juga, ada salah satu toilet yg bisa dipake buat mandi tapi antrinya luar biasaaa) Kalo musholla, pas saya kesana emang bangunannya lagi dibuat dan udah jadi, tapi blm bisa dipake. Pintu masih dikunci. Tempat wudlu masih disempurnakan, karena emg belum ada air sama sekali. Kalo kepepet saya saranin tayamum dan sholat di teras samping musholla. Cukup buat 2 org dan beralaskan jaket atau kain lainnya yg sekiranya masih cukup bersih buat sajadah. Harga makanan: mie goreng (10.000) telur (5.000) Minuman: air mineral aqua 300ml (5.000) Tarif ojek/taksi dorong (pos pertama sampe puncak): sekitar 600.000-an. . . . 9 sept 2018
Kawah Ijen
Banyuwangi
Google Maps
23-06-2019