Setelah lama sekali tidak mendaki gunung, rasanya bisa mencapai puncak Kawah Ijen ini sesuatuuuu banget! Start awal, masih jalan kaki dengan semangat... Ketika sudah melewati sekitar 40 menit jalan, godaan banyak sekali untuk membuat kita menyerah. Yaitu ketika melihat sebagian pendaki tidak dalam keadaan fit, mereka kelihatan mau menyerah yg bisa membuat kita menyerah juga ;) Saya akhirnya memilih untuk naik gerobak :) (Note: Penarik gerobak sangat ramah dan menolong sekali. Himbauan: Jangan dipikirkan biayanya yaaa...tapi pikirkan positifnya: kita memberikan mereka pekerjaan/ penghasilan untuk menghidupi keluarganya). Dan akhirnyaaaa... saya mencapai puncaknya!!! Walaupun menantang sekali jalannya... Semua rasa lelah dan merogoh kocek, hilang sirna, ketika tiba di puncaknya sambil mengintip percikan blue fire dibawah sana... Menunggu dengan sabar menahan dingin dan angin bagaikan ditiup oleh mesin pendingin puluhan PK... Akhirnya tiba juga sang matahari... Indahhhh sekali... Sekaligus menikmati pemandangan danau kawah nan cantik... God bless Indonesia!
Kawah Ijen
Banyuwangi
TripAdvisor
20-11-2018