Bagus banget Ijen tuh pemandangannya Katanya lebih bagus kalau berangkat naiknya jam 2 pagi untuk liat blue fire nya, sayangnya saya waktu kesana kawahnya lagi naik, jadi harus berangkat jam 4 pagi untuk menanjak, dan sampai diatas Gunung Ijen sudah siang, sekitar jam 7 pagi. Medan pendakiannya berat untuk orang yang pertama kali naik gunung, tapi ringan untuk yang terbiasa naik gunung. Tapi rasa lelahnya terbayarkan sih sama pemandangannya dari atas. Cantik sekali. Recommended. Untuk yang pertama kali mendaki, lebih baik ikut tur, jadi di antar jemput dari dan ke hotel plus didampingi sampai atas Ijen. Untuk yang sering mendaki, lebih baik mendaki sendiri sih, lintas pendakiannya hanya ada satu dan mudah dikenali, atau bareng sama rombongan orang lain. Karena pendaki pasti naik ke atas Ijen bareng2 antara jam 2 atau jam 4 pagi. Semoga bermanfaat tipsnya.
Kawah Ijen
Banyuwangi
Google Maps
23-06-2023