beginner friendly karena ada banyak guide dari masyarakat lokal setempat, jika tidak ingin repot bisa ikut open trip ya. apabila mau mendaki ijen secara mandiri, bisa aja. tracknya cenderung mudah, satu jalan, dan karena berkonsep tempat wisata pendakian cenderung ramai. menurut saya, alat yang essential untuk disiapkan adalah: jaket, headlamp/senter, dan masker gas. untuk tongkat mendaki opsional ya menurut saya. apabila tidak memakai sepatu khusus mendaki, sebaiknya membawa tongkat mendaki, begitu juga sebaliknya. karena wisatawan bersamaan ke kawah dengan penambang belerang, waktu itu jalannya bergantian (berpapasan, jalannya cukup kecil). waktu itu saya tidak bisa berfoto dengan blue fire karena anginnya sangat kencang, sehingga asap belerang menusuk hidung. so far worth the effort sih ke ijen, apalagi untuk pemula.
Kawah Ijen
Banyuwangi
Google Maps
23-06-2025